Sukses Butuh Kesabaran

Diterbitkan Oleh eko rosandi pada 11 Mei 2011 | 10.52

Belakangan ini sifat sabar mulai terkikis dari hati manusia. Apalagi di jaman teknologi yang serba cepat, orang sering kehilangan kesabaran. Perhatikanlah ketika mereka di jalanan. Semuanya ingin terdepan dan tak memberi kesempatan orang lain untuk mendahului mobilnya. Ketika jalanan macet dan ada ruang kosong, masing-masing orang ingin mmengisi kekosongan jalan itu. Dan akibat dari sikap tak sabar justru kondisi jalan menjadi macet total.

Kita telah terpengaruh oleh keadaan yang serba cepat, segala sesuatu selalu dilakukan dengan tergesa-gesa. Padahal hal yang dilakukan dengan tergesa-gesa hasilnya tidak akan memuaskan. Untuk mencapai puncak tangga, kita harus menaiki dari anak tangga yang paling bawah. Jika kita tidak sabar dan melompati beberapa anak tangga agar cepat sampai ke puncak, justru kekonyolan yang kita alami. Kita akan terjatuh karena gagal.

Sukses butuh waktu dan kesabaran. Semua yang ada di dunia ini berlaku sunnatullah. Allah sendiri mencontohkan bagaimana ia menciptakan bumi yang tidak sekali jadi. Padahal Dia memiliki kemampuan “kun fayakun”. Namun Ia ingin mengajarkan kepada manusia bahwa di dunia ini segala sesuatunya tidak sekali jadi.

Allah menjelaskan dalam surat Fushilat ayat 10 – 12, yang artinya :

“Dan Dia menciptakan di bumi ini gunung-gunung yang kokoh di atasnya. Dia memberkahinya dan Dia menentukan padanya kadar makanan-makanan (penghuni) nya dalam empat masa. (Penjelasan itu sebagai jawaban) bagi orang-orang yang bertanya. Kemudian Dia menuju kepada penciptaan langit dan langit itu masih merupakan asap, lalu Dia berkata kepadanya dan kepada bumi, “Datanglah kamu keduanya menurut perintah Ku dengan suka hati atau terpaksa.” Keduanya menjawab, “Kami datang dengan suka hati.” Maka Dia menjadikannya tujuh langit dalam dua masa. Dia mewahyukan pada tiap-tiap langit urusannya. Dan Kami hiasi langit yang dekat dengan bintang-bintang yang cemerlang dan Kami memeliharanya dengan sebaik-baiknya. Demikianlah ketentuan Yang Maha Perkasa Lagi Maha Mengetahui. (QS. Fushilat : 10 – 12)

Begitulah, setiap penciptaan sesuatu butuh waktu dan kesabaran. Allah menciptakan langit dan bumi dalam empat tahap (masa). Menurut sebagian ulama menafsiri empat masa itu sama dengan enam hari. Ini sebagai bukti ide yang besar untuk mengilhami kita bahwa sukses itu butuh tahapan-tahapan dan harus dilalui dengan sabar (kerja keras).

Kejayaan Islam dibangun atas dasar kesabaran. Tanpa kesabaran, barangkali kita tidak menemukan Islam menguasai dunia ini. Betapa ketika Rasulullah SAW memulai berdakwah menyampaikan kebenaran, ia melakukannya dengan sabar. Merencanakan dengan strategi yang matang. Bukankah sebuah rencana strategi itu bagian dari kesabaran. Rasulullah pernah bersabda : “Tidak seorang pun dianugerahi sebuah pemberian yang lebih baik dan lebih banyak dibandingkan kesabaran.” (HR. Bukhari)

Seringkali kita memandang orang sukses dengan persepsi salah. Apa yang terlintas di benak ini hanyalah wujud kesuksesan itu. Kita lalu berkata pada diri sendiri, “Tak mungkin aku bisa seperti dia.” Padahal jika kita tahu perjalanan yang ditempuh, ia seringkali jatuh bangun dan gagal. Karenanya jika kita ingin mengikuti jejak sukses mereka, sebaiknya jangan segan-segan untuk bertanya.

Tidak ada kebahagiaan datang secara tiba-tiba tanpa perjuangan yang harus dilalui. Allah menjanjikan akan memberikan kebahagiaan apabila kita bersabar dalam menghadapi ujian hidup. Janji Allah itu terdapat dalam Surat Az-Zumar ayat 10. Kesabaran akan membuat kita menjadi orang terdepan di antara yang lainnya. Sesungguhnya kemenangan itu hanya bisa didapatkan karena kesabaran. 

by:BA

5 komentar:

komputerbutut mengatakan...

kunjungan rutin brather.. ^___^

nice inpo cocok banget buat komputerbutut yang lagi strees akibat kekalahan dalam kontes seo :D

obat maag mengatakan...

ya bener banget tuh selain butuh kesabaran untuk mencapai ke suksesan juga di butuhkan ke jujuran terimakasih gan info nya bermanfaat

Jelly Gamat mengatakan...

terimakasih informasi yang sangat bermanfaat dan menarik ditunggu artikel berikutnya

Pemalangonline.com mengatakan...

sukses butuh pada kesabaran dan proses...thanks sharingnya.

Unknown mengatakan...

nice share kak,..
terima kasih,,,.
produsen mukena katun jepang

Posting Komentar

Berikan pendapat anda tentang posting kami... terimakasih.